Kabar dan Berita Penerima Beasiswa Al Azhar PM Darussalam Gontor Ulul Albab

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Tentang Ulul Albab


Anggota Ulul Albab berfoto dengan Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor

Pada tanggal 21 Februari 2020, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) kembali menyelenggarakan ujian seleksi untuk penerimaan beasiswa Universitas Al-Azhar. Ujian itu diikuti tidak kurang dari 300 peserta putra dan putri dari berbagai kampus PMDG yang tersebar di Indonesia.

 

Dari ujian tersebut, keluarlah 80 nama yang berkesempatan untuk menerima beasiswa dan menimba ilmu di Universitas Al-Azhar Kairo. 80 orang tersebut terdiri atas 50 orang putra dan 30 orang putri. Mereka akhirnya sepakat untuk menyatukan diri dan membentuk organisasi yang diberi nama Ulul Albab.

 

Pada hakikatnya, sebuah nama ialah sebuah doa. Nama ini diambil dari salah satu kata dalam ayat suci Al-Qur'an. Artinya, "orang-orang yang berakal”. Harapannya, nama ini memberikan semangat juang pada generasi ini, untuk dapat menjadi bagian dari orang-orang yang berakal dan bertakwa.

 

Ulul Albab Putri berfoto di depan masjid gontor

Secara etimologis, Ulul Albab (أولوا الألباب) terdiri atas dua kata: Ūlū (أولوا) artinya “yang memiliki”, dan al-Albāb yang memiliki beragam arti, salah satunya adalah “akal”. Selain itu, al-Albāb juga merupakan bentuk majemuk dari kata al-Lubb yang berarti “otak yang berlapis-lapis” atau “otak yang tajam”. Dalam makna lain, al-Lubb berarti “lubuk yang paling dalam”.

 

  يُؤتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُّؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ اُوْتِيَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا اُوْلُوْا الْأَلبَابِ (البقرة: 269)

"Dia memberikan hikmah kepada siapa yang dia kehendaki. Barang siapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang berakal". (Surat Al-Baqarah (2): Ayat 269)

 

Dari ayat ini, kita dapat mengerti bahwasanya hikmah Allah hanya akan turun kepada hamba-Nya yang dapat membaca kehidupan dengan baik dan memahami setiap peristiwa yang telah Allah gariskan.

 

Itulah kami. Kami adalah Ulul Albab.

1 komentar:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Pandora