Kabar dan Berita Penerima Beasiswa Al Azhar PM Darussalam Gontor Ulul Albab

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Berhasil Menyelesaikan Studi Bahasa Arab, Ulul Albab Siap Menghadapi Dunia Perkuliahan


Ulul Albab Banin Berfoto di depan lokasi ujian
Anggota Ulul Albab yang berfoto usai ujian
Ululalbab.org -  Para penerima beasiswa Al Azhar gelombang ke-5 jalur Pondok Modern Darussalam Gontor “Ulul Albab” telah menyelesaikan studi bahasa mereka di Markaz Tatwir setelah mengikuti ujian akhir mustawa, yakni pada Selasa pagi 1/11/2022 dan Kamis pagi 3/11/2022.


Studi bahasa merupakan salah satu syarat untuk mengikuti perkuliahan di Universitas Al Azhar. Ujian kali ini tidak diikuti oleh semua anggota Ulul Albab, melainkan hanya diikuti oleh 49 orang dari putra dan 2 orang dari putri, ini dikarenakan sebagian dari putri yang berjumlah 28 orang telah menyelesaikan studi bahasa mereka di gelombang pertama.


Ujian akhir mustawa kali ini diadakan di dua tempat yakni untuk calon mahasiswa putra di Ma’had Azhar Li Dirasah Khassah di daerah Madinat An Nasr, dan untuk calon mahasiswa putri di Markaz Tatwir tepat di belakang Madinatul Buuts Al Islamiyyah


Berita Terkait : Tentang Ulul Albab


Tentunya sebelum menghadapi ujian akhir mustawa mereka diwajibkan untuk mengikuti program studi bahasa selama 45 hari yang dimulai pada tanggal 11 September yang lalu. “Barangsiapa mengetahui jauhnya perjalanan maka ia akan bersiap-siap,” peribahasa yang sesuai dengan para anggota Ulul Albab yang telah menyiapkan diri mereka dari jauh hari untuk menghadapi ujian kali ini.


Materi yang diujikan pada ujian akhir mustawa kali ini terdiri dari beberapa materi yaitu Nahwu, Shorf, Balaghoh, Insya’, Imla’, dan Istima’.


“Sangat menantang”, ujar Fatih salah satu anggota Ulul Albab. Beliau menambahkan bahwa ujian kali ini tidak sesulit yang diprediksi “persentase 70 persen soal bisa terjawab, alhamdulillah termasuk mudah” ini semua tidak terlepas dari persiapan beliau yang matang untuk menghadapi ujian kali ini.

Potret Anggota Ulul Albab sebelum berangkat ke lokasi
Setelah berangkat ke lokasi ujian


Dalam persiapan ujian kali ini, Fikri Hasan salah anggota Ulul Albab berpesan untuk teman-temannya “Belajar itu bukan cuma sistem kebut semalam, belajar harus lama bukan sebelum ujian doang”, “Untuk ujian kuliah yang akan datang siapkan dari sekarang”, saran beliau untuk teman-teman Ulul Albab.


Dengan selesainya ujian akhir mustawa para anggota Ulul Albab yang berjumlah 79 orang siap untuk menghadapi dunia perkuliahan di Universitas Al Azhar, setelah penantian mereka yang cukup lama di Indonesia sebelum keberangkatan dan di Mesir setelah keberangkatan.


“Jika menanti adalah kesalahan maka biarlah itu menjadi kesalahan terindah dalam hidup ini,” potongan kata yang sangat menggambarkan kesabaran anggota Ulul Albab dalam penantian mereka untuk mewujudkan cita cita. Tapi sejatinya tak ada yang salah dalam penantian, yang salah adalah jika kita menyerah di tengah penantian kita.



Reporter : Ali Zainal Abidin

Disunting oleh : Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Pandora