Kabar dan Berita Penerima Beasiswa Al Azhar PM Darussalam Gontor Ulul Albab

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

 Mesir Bersiap Untuk Gelombang Panas Yang Berkepanjangan Dengan Suhu Rekor Tinggi




Ululalbab.org - Ketika suhu terik bertahan di seluruh Mesir, direktur Pusat Penginderaan Jauh di Otoritas Meteorologi Mesir, Eman Shaker, mengeluarkan peringatan bahwa gelombang panas saat ini akan berlanjut hingga pertengahan minggu depan. Dengan suhu melonjak hingga 39° C di Kairo dan 44° C yang terik di Mesir selatan pada hari Minggu, gelombang panas ini telah menjadi periode terpanjang dari suhu tinggi terus menerus yang pernah dialami negara itu. Juli dan Agustus, menjadi bulan-bulan terpanas, sangat rentan terhadap gelombang panas yang berkepanjangan.


Kenaikan suhu terutama disebabkan oleh pengaruh depresi musiman India, yang berdampak pada atmosfer Mesir dengan angin, yang menyebabkan lonjakan suhu yang signifikan. Selain itu, Mesir juga menghadapi dampak kubah panas, ditandai dengan ketinggian lapisan atmosfer atas. Fenomena ini mengaburkan suhu di lapisan yang dekat dengan permukaan bumi, mempertahankan tingkat kelembaban yang tinggi dan berkontribusi terhadap kenaikan suhu dan kelembaban yang signifikan.


Baca Juga : Memilih Warna Pakaian Yang Tepat Untuk Cuaca Panas



Suhu berkisar antara 36° C hingga 37° C di Kairo, sedangkan pantai utara mengalami suhu yang sedikit lebih ringan mulai dari 32° C hingga 33° C.  Namun, di wilayah selatan negara itu, gelombang panas sangat intens, dengan suhu melonjak hingga 44° C hingga 45° C.  Meskipun suhu melonjak, kelembaban diperkirakan relatif rendah.


Khususnya, dampak dari fenomena "El Nino" memperburuk situasi tidak hanya di Mesir tetapi juga di negara-negara di seluruh Eropa selatan dan timur dan kawasan Timur Tengah. Fenomena ini, yang dimulai pada bulan Juni, menyebabkan kenaikan suhu laut, mengakibatkan perangkap kelembaban di atmosfer dan akibatnya peningkatan suhu di darat.


Di tengah gelombang panas ini, Organisasi Meteorologi Dunia baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa dunia menyaksikan rekor suhu tertinggi dalam sejarah minggu lalu, yang mencerminkan keparahan krisis iklim global.


Baca Juga : [Ulasan Film] Cairo Conspiracy : Sajikan Sudut Pandang yang Berbeda Dibalik Intrik Agama & Negara


Ketika suhu terus melonjak, pihak berwenang di Mesir mendesak warga untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan agar tetap aman dan menghindari penyakit yang berhubungan dengan panas. Tetap terhidrasi dengan minum banyak air, menghindari kegiatan di luar ruangan selama jam puncak panas, dan mencari tempat teduh bila memungkinkan adalah langkah penting untuk melindungi tubuh terhadap panas yang ekstrem.


Sangat penting bagi individu untuk tetap waspada dan memprioritaskan kesehatan mereka selama periode yang menantang ini. Pemerintah setempat juga menerapkan langkah-langkah untuk memastikan kesejahteraan masyarakat rentan dan menyediakan pusat pendingin bagi mereka yang membutuhkan.


Oleh : Nick Carter
Disunting oleh : Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Pandora